Jenis Kolam Renang yang Perlu Anda Tahu

Ibnu SS/ September 26, 2017/ Artikel, Jenis Kolam Renang, Kolam Renang/ 0 comments

Jenis-Jenis Kolam Renang yang Perlu Anda Tahu

Kolam Renang Indoor dan Outdoor

Dilihat dari segi tempatnya, kolam renang di bagi menjadi 2 yaitu jenis kolam renang indoor dan kolam renang outdoor. Kolam renang indoor merupakan kolam renang yang berada di dalam ruangan dan tertutupi oleh atap. Kolam renang indoor dirancang agar dapat menahan teriknya sinar matahari dan dari lingkungan di luar ruangan.

Sedangkan kolam renang outdoor dibangun di ruangan terbuka dan tidak tersekat oleh dinding maupun atap. Hal ini bertujuan untuk memberikan suasana lingkungan kolam renang yang lebih fresh dengan alam terbuka. Jadi perbedaan antara indoor dengan outdoor adalah hanya tata letak kolam renangnya saja.

Privat Pool atau Kolam Pribadi

Kolam renang pribadi (privat pool) merupakan jenis kolam renang yang dilihat dari segi pengguna kolam renang tersebut. Biasanya kolam renang pribadi ini hanya diperuntukkan bagi yang memiliki kolam tersebut beserta keluarganya. Bisa juga kolam renang yang diperuntukan bagi orang-orang terdekat mereka sehingga masyarakat umum tidak mendapatkan akses menuju kolam renang tersebut.

Secara umum, kolam renang ini biasanya berukuran kecil hingga sedang. Lain halnya dengan kolam renang umum yang berukuran lebar. Jika dihitung, luas rata-rata dari kolam renang pribadi yaitu sekitar 3,7 m x 7,3 m hingga 6,1 m x 12 m. Kedalaman rata-rata sesuai dengan minat dari pemilik kolam renang.

Public Pool atau Kolam renang untuk umum

Public Pool atau Kolam renang untuk umum adalah suatu kolam yang luasnya kira-kira mulai dari ukuran 24m, biasanya mempunyai lebih dari satu kolam serta merupakan bagian dari tempat rekreasi air. Tetapi kolam renang umum (indoor) juga yang biasanya terdapat di tempat SPA, Sauna, Hot Tub atau berada di Hotel yang mewah memiliki ukuran yang lebih kecil, lebih kecil dari ukuran kolam pribadi.

Competition Pool atau kolam renang untuk kompetisi

Menurut Fédération Internationale de la Natation atau FINA (International Swimming Federation), standar ukuran kolam renang untuk kompetisi adalah 25m atau 50m, dengan kedalaman sekurang-kurangnya 1,3 meter. Kolam renang untuk kompetisi biasanya bentuk kolam indoor dan dihangatkan supaya bisa digunakan sepanjang tahun (Negara iklim subtropis).

Exercise Pool atau kolam renang untuk latihan

Ukuran kolam renang jenis ini kecil, biasanya antara 2,5m x 5m yang dilengkapi dengan pendorong air buatan sehingga air seolah-olah mengalir dan perenang hanya berenang ditempat.

Hot Tub dan Kolam SPA biasanya merupakan kolam renang umum yang dihangatkan, digunakan untuk relaksasai dan yang berhubungan dengan terapi.

Natural pools and ponds atau kolam alam

Natural pools and ponds atau kolam alam (berbentuk telaga atau balong), jenis ini lebih berkonsentrasi terhadap alam atau lingkungan. Didesain lebih natural (menyatu dengan alam), keindahan alam untuk kolam jenis ini lebih diutamakan.

Kalau dibandingkan lebih jauh, jenis-jenis kolam renang masih sangat banyak untuk dituliskan, diantaranya Ocean pools, Infinity pools, Zero-entry swimming pools dan masih banyak lagi. Sebagai pengetahuan saja, mudah-mudahan dikesempatan lain saya tuliskan sejelas-jelasnya.

Hubungi kami Nungkid Pool jika anda ingin membuat atau merawat kolam renang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*