Teknik Online Teleport untuk Menjaring Konten dan Menampilkan Konten

Ibnu SS/ March 9, 2017/ Algoritma Google, Artikel, Artikel Komputer, Langkah Pembuatan Website, Online Teleport, Produk Istimewa/ 1 comments

Pernahkah anda mendengar tentang Teknik Online Teleport? Mungkin sebagian orang telah mengetahuinya. Teknik online teleport adalah sebuah bentukan dari web spider dalam bentuk personal yang mampu dikendalikan oleh user perorangan. Lalu apakah ada yang tahu mengenai web spider?

Apa itu Spider Web ?

Mari kita bahas dari awal mengenai hal tersebut. Anda semua pasti mengetahui apa itu google. Google merupakan mesin pencari nomor 1 yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. Akses Google bisa dibilang mudah digunakan baik dari segi tampilan, fitur, kemudahan, dan hasil pencarian.

Google sendiri mampu untuk menampilkan bermilyar-milyar informasi dari berbagai website di seluruh dunia. Website yang dahulunya tidak terjangkau oleh mesin pencari google dapat dijangkau dengan adanya virtual semesta google. Hasil yang dirasakan adalah terindeksnya situs-situs dan ditampilkan dalam daftar indeks untuk pengguna pencari konten tertentu.

Mekanisme algoritma google

Google memiliki sejumlah mekanisme dalam algoritmanya. Dari mekanisme tersebutlah indeks google ini dapat terbentuk. Proses dalam membangun google indeks sehingga mampu menyajikan akurasi dalam pencarian akan dijelaskan sebagai berikut

  1. Dalam proses pengindeksan, google manggunakan semacam robot yang sering kita kenal dengan naman GoogleBot (yaitu adalah web spider). GoogleBot bertugas untuk menjelajahi setiap halaman web hingga milyaran halaman web tanpa henti. Selama GoogleBot terus merayapi halaman-halaman, setiap konten yang ditemukan akan dianalisa kelayakannnya.
  2. Analisa kelayakan menggunakan ragam algoritma yang tersimpan dalam sistem pencarian. Hasilnya adalah halaman-halaman informasi berisi data pencarian yang sudah terindeks. Indeks tersebut dijadikan acuan oleh pengguna dalam mencari informasi berdasarkan kata kunci (keyword).
  3. Saat kita mencari sebuah konten denga kata kunci pada kotak pencarian Google, maka Google akan mecari konten yang paling relevan pada indeks pencarian dari GoogleBot. Relevansi hasil pencarian diperoleh dengan mempertimbangkan hingga 200 elemen seperti judul halaman web, link, kebaruan konten, page rank, kata-kata pada konten web, persamaan kata dengan kata kunci, modus ejaan dan lain-lain.
  4. Hasil yang ditampilkan oleh Googlebot untuk pengguna adalah berdasarkan tingkat kepentingan dan relevansi. Kualitas pencarian terus ditingkatkan oleh penjelajah Googlebot tanpa henti. Menurut google, setiap hari terdapat 16% penelusuran baru.

Google berupaya memberikan informasi yang terbaik bagi para pengguna internet yang dimotori oleh spider web. Lalu bagai mana dengan teknik online teleport? Nah dengan menggunakan tools online teleport, anda dapat mengendalikan kemampuan jelajah spider web untuk menjaring konten website sesuka anda.

Fitur-fitur online teleport

Beberapa tool online teleport memiliki beberapa fitur-fitur lain untuk menggali konten yang telah tersimpan secara online.  Setiap online tool memiliki algoritma dan cara kerja spider web yang berbeda dan memiliki keunggulan masing-masing.

Berikut ini adalah langkah-langkah tool online teleport menjaring konten dan penampilan konten:

  1. HaPengguna membuat peraturan terhadap teleport offline.
  2. Online teleport melakukan penjelajahan pada halaman web yang dituju.
  3. Penjelajahan dilakukan berdasarkan kedalaman yang sudah ditentukan (kedalaman pautan link)
  4. Online teleport akan menganalisa, mengidentifikasi, dan mengklasifikasi informasi konten.
  5. Hasil Analisa akan memutuskan file yang layak diambil.
  6. File konten diambil dan disimpan pada computer pengguna.
  7. File konten yang diambil akan dipetakan dalam project map yang menggambarkan arsitektur web.
  8. Untuk mengakses konten offline, gunakan project map yang sudah dipetakan oleh teleport offline menggunakan web browser.

Baca juga mengenai Keuntungan menggunakan Offline Teleport.

Tool Online Teleport

Terdapat banyak sekali tool online teleport yang dapat digunakan, misalnya BlackWidow, HTTrack, Open Web Spider, Pica Loader, Teleport Pro, Website Copier, Web2Disk4, Offline Explorer, dan lain sebagainya. Tool-tool ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari yang komersia hingga gratis atau opensource. Beberapa tool online teleport tersedia dalam bentuk aplikasi portable tanpa harus melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Setiap tool memiliki keunggulan masing-masing.

Referensi:
Feri Sulianta. Memberdayakan Konten Website dengan Online Teleport.

1 Comment

  1. Pingback: Keuntungan Offline Teleport (Strategi Bisnis Online) - Nungkid.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*